Sabtu, 17 Oktober 2015

Operasi Gigi Bungsu

Operasi Gigi Bungsu. Apa sih gigi bungsu itu ? perlu diingatat bahwa Gigi geraham bungsu atau nama lainnya adalah geraham ketiga atau wisdom teeth adalah gigi geraham yang tumbuh pada bagian paling belakang dari jajaran gigi bagian bawah dan bagian atas. Biasanya gigi ini akan tumbuh pada saat seseorang berusia 18 –30 tahun.



Gigi geraham bungsu yang sehat dan benar posisinya tidak akan menimbulkan masalah. Namun ternyata gigi ini sering menimbulkan masalah karena mulai erupsi di saat pertumbuhan rahang kita sudah berhenti sehingga tidak mendapat cukup ruangan untuk erupsi. Dengan demikian gigi bungsu ini tumbuh tidak sempurna dengan posisi yang tidak baik. Keadaan ini disebut impaksi.

Seorang ahli bernama Ricketts (1980) menyatakan bahwa evolusi manusia menyebabkan berkurangnya ukuran rahang yang berhubungan dengan kondisi dan kebiasaan diet atau makanan. Pada manusia modern dari mentah menjadi dimasak membuat makanan lebih lunak. Jadi ukuran rahang manusia sekarang cenderung makin kecil sehingga kasus gigi geraham bungsu yang tumbuh tidak sempurna (impaksi) sekarang cenderung meningkat.

Kemunculan posisi gigi geraham bungsu yang tidak sempurna (melintang atau miring) dapat menyebabkan masalah pada gigi yang lainnya dimana gigi geraham bungsu mendorong gigi depannya dan berpotensi merusak gigi depannya tersebut. Sedangkan gigi geraham bungsu yang tidak muncul kepermukaan gusi dengan baik juga dapat menjadi tempat menempelnya sisa-sisa makanan yang pada akhirnya akan membuat gigi berlubang.

Mengingat beberapa kemungkinan efek negatif yang akan timbul akibat gigi geraham bungsu yang tumbuh tidak sempurna, sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter gigi untuk mempertimbangkan kemungkinan akibat gigi bungsu tersebut.

Konsultasikan kesehatan gigi dan mulut seperti Layanan Perawatan Ortodontik, Pembuatan Gigi Tiruan, Perawatan Saluran Akar, Cabut Gigi, Tambal Gigi, Pembersihan Karang Gigi, Tooth Whitening/Bleaching, Pasang Behel Gigi atau Kawat Gigi untuk anda dan keluarga anda di Klinik Gigi Global Estetik Bintaro dengan gratis. (Operasi Gigi Bungsu)

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2014 Operasi Gigi Bungsu